Bahaya Nugget Jajanan Sekolah



Sekarang pastinya banyak sekali jajanan yang ada di sekolahan. Dengan bentuk, warna, dan rasa yang menarik perhatian anak-anak sekolah tentunya para penjual akan memutar otak untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Namun apakah anda tau, jika jajanan yang dijual tersebut menggunakan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan. Misalnya, Siklamat, sakarin, rodamin B, formalin, boraks, dan tentunya banyak lagi.
            Contoh makanan yang digemari anak-anak adalah nugget. Nugget adalah salah satu pangan hasil pengolahan daging yang memiliki cita rasa tertentu, biasanya berwarna kuning. Para pedangan tentunya  menjual nugget yang harga nya tak terlalu mahal, karena bisa mengambil keuntungan. Sedangkan jika mereka membeli nugget yang mahal pasti anak-anak tidak mau membeli karena terlalu mahal, penjual pun rugi. Tetapi taukah anda? Apakah makanan nugget itu benar-benar dari bahan-bahan yang sehat. Apalagi dengan saus yang biasanya digunakan sebagai pelengkap untuk memakan nugget. Dengan warna merah yang mencolok dan bau yang tidak meyakinkan, pasti di dalam saus itu terdapat bahan-bahan yang tidak baik untuk tubuh. Untuk menghindari yang tidak sehat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebagai berikut.
1.       Harga
Nugget yang dijual dengan harga murah juga patut dicurigai. Nugget dengan bahan asli dan berkualitas biasanya memiliki harga yang lebih mahal.
2.       Aroma
Perhatikan juga bau yang keluar dari nugget saat dipotong. Nugget yang baik akan mengeluarkan aroma bahan baku utamanya, ayam atau ikan. Bila aromanya aneh atau tidak jelas apakah itu bau ayam atau bukan, ini berarti nugget menggunakan bahan yang tidak jelas asalnya.
3.      Tekstur
Nugget yang asli saat ditekan akan terasa empuk dan lumer. Lapisan tepung roti pun mudah rontok dan agak berlendir. Nugget berkualitas baik biasanya lebih mudah dipotong dan patah berbeda dengan nugget yang dengan bahan tambahan yang menjadi lebih keras, kering dan kenyal.
4.      Warna
Perbedaan warna juga terlihat antara nugget yang asli dan campuran. Daging olahan ini biasanya dilapisi tepung roti yang berwarna putih atau kuning oranye muda. Cari nugget yang berwarna putih atau kuning muda. Warna mencolok biasanya disebabkan oleh penggunaan pewarna tambahan.

Jangan biarkan anak-anak jajan di sembarang tempat, kebersihan dan nutrisi dalam jajanan belum tentu baik dan sehat. Apalagi zat aditif berbahaya, seperti pewarna, pemanis atau pemberi rasa. Sebagai anak-anak kita juga harus dapat memilih mana jajanan yang sehat dan tidak sehat. Bisa juga dengan membawa bekal makanan dari rumah yang tentu lebih sehat dan terjamin. Sebagai orang tua juga harus selalu mengingatkan anak-anaknya agar tidak jajan sembarang.


Komentar

EBO GAMINGS mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Postingan populer dari blog ini

Laporan tugas prakarya kerajinan bahan lunak

MATERI SESORAH BASA JAWA

Istilah – istilah dalam dunia batik