Bahaya Jajanan Sekolah



Saat ini banyak penjual makanan dan minuman yang dijual di sekolahan, tentunya makanan dan minuman yang menarik perhatian anak-anak sekolah. Tapi apakah makanan dan minuman itu sehat? Kita tidak tau apa bahan-bahan yang ada pada makanan dan minuman itu. Walaupun ada beberapa pedagang yang jujur, tetapi ada juga pedagang yang curang. Kecurangan pedagang itu membuat anak-anak sekolah bisa saja membuat sakit seperti diare, muntah-muntah. Bahkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit yang lebuh parah. Saya akan member contoh beberapa makanan dan minuman yang ada disekolahan, seperti minuman es yang ada di sekolahan.
            Pada penelitian yang dilakukan di Bogor telah ditemukan Salmonella Paratyphi A di 25% – 50% sampel minuman yang dijual di kaki lima atau sekolahan. Bakteri ini mungkin berasal dari es batu yang tidak dimasak terlebih dahulu . Selain cemaran mikrobiologis, cemaran kimiawi yang umum ditemukan pada makanan jajanan kaki lima adalah penggunaan bahan tambahan pangan (BTP) ilegal seperti borax (pengempal yang mengandung logam berat Boron), formalin (pengawet yang digunakan untuk mayat), rhodamin B ( pewarna merah pada tekstil), dan methanil yellow (pewarna kuning pada tekstil). Bahan-bahan ini dapat terakumulasi pada tubuh manusia dan bersifat karsinogenik yang dalam jangka panjang menyebabkan penyakit-penyakit seperti antara lain kanker dan tumor pada organ tubuh manusia. Pengaruh jangka pendek penggunaan BTP ini menimbulkan gelaja-gejala yang sangat umum seperti pusing dan mual. Karenanya Joint Expert Committee on Food Additives (JECFA) dari WHO yang mengatur dan mengevaluasi standar BTP melarang penggunaan bahan kimia tersebut pada makanan. Standar ini juga diadopsi oleh Badan POM dan Departemen Kesehatan RI melalui Peraturan Menkes no. 722/Menkes/Per/IX/1998.
 Jangan biarkan anak-anak jajan di sembarang tempat, kebersihan dan nutrisi dalam jajanan belum tentu baik dan sehat. Apalagi zat aditif berbahaya, seperti pewarna, pemanis atau pemberi rasa. Sebagai anak-anak kita juga harus dapat memilih mana jajanan yang sehat dan tidak sehat. Bisa juga dengan membawa bekal makanan dari rumah yang tentu lebih sehat dan terjamin. Sebagai orang tua juga harus selalu mengingatkan anak-anaknya agar tidak jajan sembarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan tugas prakarya kerajinan bahan lunak

MATERI SESORAH BASA JAWA

Istilah – istilah dalam dunia batik